Puluhan Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Cimaung Bandung

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

Sejumlah gedung hancur apalagi di antaranya ada dimana rata dengan tanah akibat tersapu angin puting beliung. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung melaporkan puluhan rumah di daerah Cimaung, Kabupaten Bandung bobrok akibat puting beliung, Rabu (24/4/2024) sore. Satu rumah kememilikian penduduk diketahui roboh di Kampung Tinggar Jaya Hilir.

Kepala BPBD Kabupaten Bandung Uka Suska bilang angin puting beliung terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, Rabu (24/4/2024). Bencana tersebut pun terjadi di Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung.

"Kami tetap mendata, tapi dari laporan sementara di Desa Sukamaju 34 rumah terdampak puting beliung, di Desa Cimaung 28 rumah," ujar dia, Rabu.

Ia menuturkan petugas tetap melakukan pendataan. Termasuk mendata rumah dimana bobrok ringan, bobrok sedang dan bobrok berat.

"Kami tetap melakukan proses pendataan, sampai malam, petugas BPBD tetap melakukan pendataan," kata dia.

Ia menjelaskan tidak terdapat korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Sedangkan korban luka tetap dalam penelusuran dan pendataan.

Pihaknya akan secepatnya mendistribusikan logistik kepada penduduk terdampak bencana. Ia menyebut penduduk tetap tetap tinggal di rumahnya masing-masing, selain penduduk dimana rumahnya bobrok berat menumpang di saudaranya.

Uka mengimbau kepada penduduk agar berhati-hati dan waspada terhadap beragam potensi bencana, termasuk banjir dan longsor. Sebab beberapa hari ke depan tetap berpotensi terjadi hujan di Kabupaten Bandung.

"Sekarang ini kan sedang musim pancaroba, peralihan dari musim hujan ke musim kemarau," kata dia.