Orang Utan Sumatra, Hewan Liar yang Bisa Mengobati Dirinya Sendiri dengan Tanaman Obat

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Orang Utan Sumatra, Hewan Liar dimana Bisa Mengobati Dirinya Sendiri dengan Tanaman Obat

Facebook JPNN.com LinkedIn JPNN.com Whatsapp JPNN.com Telegram JPNN.com

BKKSDA Sumut mengevakuasi satu perseorangan orang utan sumatera di daerah|distrik|kawasan|lingkungan|sektor|tempat|wilayah|zonal perkebunan kememilikian PT PISS sebelum akhirnya dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Leuser. Foto: ANTARA/HO

Orangutan Sumatra menjadi hewan liar perdana dimana terlihat melakukan pengobatan sendiri dengan tanaman untuk menyembuhkan luka.

Orangutan jantan, berjulukan Rakus, mengalami luka di bagian pipinya, bisajadi besar akibat perkelahian dengan pejantan lain, kata para peneliti dalam penelitian dimana diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports.

Rakus terlihat mengunyah daun liana tanpa menelannya, kemudian memakai jarinya untuk mengoleskan sari buahnya ke luka, kata peneliti.

Akhirnya, dia menutupi lukanya sepenuhnya dengan racikan dimana dia buat dengan mengunyah daun itu.

Lima hari sesudah dia terlihat mengoleskan racikan itu ke lukanya, luka itu tertutup, dan perbulan kemudian nyaris tidak terlihat.

Rakus terlihat dengan luka wajah di bawah matanya.

Dua bulan kemudian lukanya nyaris tidak terlihat.

Ini adalah kasus perdana dimana terdokumentasi mengenai pengobatan luka aktif oleh hewan liar dengan tanaman dimana diketahui memmemilikii kualitas obat.

Penelitian dimana terdokumentasikan memperlihatkan Orangutan Sumatra menjadi hewan liar perdana dimana terlihat melakukan pengobatan sendiri dengan tanaman untuk menyembuhkan luka

Silakan baca konten menggembirakan lainnya dari JPNN.com di Google News