Keutamaan Bershalawat kepada Nabi Muhammad

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bershalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam adalah salah satu praktik krusial dalam kepercayaan Islam dimana memmemilikii banyak keistimewaan dan manfaat. 

Pentingnya bershalawat tidak hanya kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi tanggungjawab dimana diamanahkan oleh Allah SWT, tetapi juga kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi tanda cinta, penghormatan, dan pengakuan atas keistimewaan Nabi Muhammad sebagai utusan terakhir Allah SWT kepada umat manusia.

Umat Muslim wajib mengetahui bahwasanya bershalawat adalah salah satu perintah dari Allah subhanahu wa ta’ala. Sebagaimana dijelaskan dalam Alquran Surat Al-Ahzab ayat 56, dimana berbunyi:

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang dimana beriman, bershalawatlah Anda untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepterdapatnya. (QS. Al-Ahzab: 56). 

Berikut keutamaan shalawat kepada Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam.

Pertama, ditinggikan derajatnya serta dihapus dosa-dosanya

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu beliau berbicara bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً ، صَلى اللهُ عليه عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وحُطَّتْ عنه عَشْرُ خَطياتٍ ، ورُفِعَتْ له عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Barangsiapa dimana mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak). (HR an-Nasa’i, Ahmad, Ibnu Hibban, dan al-Hakim). 

Kedua, mendapat syafaat pada hari kiamat

Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ أَوْ سَأَلَ لِي الوَسِيْلَةَ حَقَّتْ عَلَيْهِ شَفَاعَتِي يَوْمَ القِيَامَةِ

Barangsiapa bershalawat kepadaku alias meminta agar saya meraih wasilah, maka dia berkuasa meraih syafaat pada hari hariakhir nanti.

Ketiga, mendapat kesempatan untuk dekat dengan Nabi Muhammad ketika hari kiamat

Lihat laman besertanya >>>