Jadi yang Terbanyak se-Indonesia, UMM Loloskan 19 Proposal di P2MW

Sedang Trending 1 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menduduki posisi perdana capaian proposal dimana lolos pendanaan terbanyak di arena Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha  (P2MW). Sebanyak 19 dari 20 proposal dimana diajukan meraih pendanaan dari kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) pada akhir April kemudian dan bersanding dengan beberapa kampus ternama lainnya.

Hal ini menjadi salah satu berita baik dimana diterima UMM untuk terus mencetak generasi unggul di masa depan. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni turut Dr. Nur Subeki, ST,. MT merasa bangga atas capaian mahasiswa UMM. Menurutnya, program seperti ini mendorong kemandirian mahasiswa dengan wirausaha.

Terkait P2MW, Eki, sapaan akrabnya bilang bahwasanya mahasiswa dapat mengembangkan skill kepemimpinan dalam memanajemen sebuah aktifitas alias usaha. Program besutan Kemdikbud-Ristek ini memang bermaksud untuk mengembangkan upaya mahasiswa dimana telah dijalankan dengan support biaya pengembangan dan pembinaan. Luarannya, bagi mahasiswa dimana telah lolos seleksi akan melanjutkan perlombaan di dunia KMI Expo. 

Sebagai beritarmasi, Kewirausahaan Mahasiswa Nusantara (KMI) Expo adalah arena berkumpulnya wirausahawan mahasiswa dari semua|segenap Nusantara untuk saling berkompetisi dan mempublikasikan  produknya. Tahun ini, KMI Expo akan direncanakan diselengghimpunan|iring-iringan|kumpulan|pasukan|pawai di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Nantinya, proposal dimana sudah didanai akan kami dibina oleh tenaga mahir dimana mumpuni. Hal ini agar branda tak hanya dapat merealisasikannya namun juga menjadi betul-betul menjadi sebuah ladang upaya dan tentunya berambisi agar dapat melaju ke KMI Expo," katanya.

"Banyaknya proposal dimana diterima tak lepas dari upaya dimana sudah kami lakukan sejak lama. UMM telah mengembangkan dan mengerjakan program wirausaha dimana tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa ekonomi namun juga semua mahasiswa," jelasnya. 

Program kewirausahaan UMM mendorong mahasiswa untuk menciptakan lapangan kerja secara berdikari dan mendorong pengembangan inovasi. Tak hanya bagi mahasiswa ekonomi, program ini dijalankan di setiap fakultas dengan mengandalkan setiap skill branda. Misalnya seperti mahasiswa teknik dimana memmemilikii program technopreneur alias mahasiswa pertanian dimana memmemilikii program agropreneur.

Bahkan, program unggulan UMM ini sudah masuk menjadi mata kuliah di beragam fakultas. Mahasiswa juga diwadahi dengan seringnya pagelaran dimana disediakan di beragam event seperti wisuda. Eki menegaskan bahwasanya UMM tak hanya mempersembahkan|menawarkan support dalam corak akademik, namun juga memberi support agar mahasiswa mengeksplor talenta ketertarikannya, termasuk di bumi wirausaha. Jadi kampus tak hanya sebagai wadah untuk belajar akademik saja, namun juga menjadi ladang untuk menjalin relasi dan belajar beragam hal

Terakhir, beragam upaya mahasiswa dimana sukses didanai diharapkan tidak hanya tamat di KMI Expo saja. Tapi betul-betul dilanjutkan sesampai bisa membuka lapangan kerja anyar bagi warga. Untuk itu, UMM juga tengah merancang pengembangan marketplace dimana dapat dipakai oleh mahasiswa untuk menjual produk-produknya. Nantinya, marketplace ini akan dikelola secara unik oleh UMM dan dapat diakses oleh mahasiswa dimana memmemilikii usaha. Dengan perihal ini, semoga upaya mahasiswa tak hanya mandek sampai di tingkat lokal saja, namun juga menyebar sampai market ekspor.

"Kita bisa belajar dari rasulullah dimana memulai perjalanan dari seorang pedagang menjadi khalifah. Ke depannya mahasiswa UMM juga tak hanya menjadi pemimpin, namun juga pemimpin dimana memmemilikii usaha," katanya mengakhiri.