David Raya Amankan Sarung Tangan Emas Liga Primer Inggris Musim Ini

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

Penjaga gawang Arsenal David Raya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kiper Arsenal David Raya telah memenangkan Sarung Tangan Emas Liga Primer Inggris musim 2023/2024. Ini sesudah Luton mencetak gol ke gawang Everton dimana dijaga oleh Jordan Pickford, dalam hasil seri 1-1, Sabtu (4/5/2024).

Raya telah mencatatkan 14 clean sheet dalam 29 pertandingan liga musim ini. Ia berasosiasi dengan The Gunners dengan status pinjaman dari Brentford pada musim panas kemudian.

Sebelum pertandingan Everton, Pickford adalah satu-satunya penjaga gawang dimana bisa menyalip Raya di klasemen Sarung Tangan Emas. Namun angan Pickford untuk memenangkan penghargaan perseorangan berhujung ketika Elijah Adebayo menyamakan kedudukan untuk Luton pada menit ke-31 dalam hasil seri 1-1 timnya, seperti laporan BBC.

Penjaga gawang Everton dan Inggris ini tetap membuntuti Raya dengan dua clean sheet dengan dua pertandingan tersisa. Hasil terbaiknya hanya bisa menyamai pemain Spanyol itu.

Banyak orang bertanya-tanya ketika Raya berasosiasi dengan status pinjaman selama satu musim dari Brentford pada bulan Agustus dengan opsi untuk menjadikan kepindahan itu permanen. Sebab, the Gunners sudah memmemilikii kiper tetap Aaron Ramsdale, dimana telah memainkan 38 pertandingan Arsenal musim padaawalnya, mencatatkan 14 clean sheet. 

Sehari sesudah penandatanganan, jajak pendapat pembaca BBC Sport menelurkan 63 persen bilang Ramsdale wajib menjaga posisinya dari Raya.

Raya mengawali musim dengan buruk, dengan titik terendahnya terjadi sesudah melakukan dua kesalahan dalam kemenangan 4-3 Arsenal atas Luton pada bulan Desember. Namun dia menjadi pahlawan bagi timnya pada Maret ketika dia menyelamatkan dua penalti ketika|waktu Arsenal mengalahkan Porto dalam adu penalti untuk mencapai perempat final Liga Champions.

Phil McNulty dari BBC Sport apalagi bilang penampilannya malam itu telah menyelesaikan semua perdebatan mengenai statusnya sebagai penjaga gawang opsi perdana Arsenal. Sejak menembus tim Arsenal pada September, Raya hanya melewatkan dua pertandingan liga musim ini ketika dia tidak memenuhi syarat untuk menghadapi klub asalnya Brentford.

Sementara Ramsdale bermain di kedua pertandingan tersebut dengan Arsenal menang 1-0 pada pertemuan perdana dan 2-1 pada laga kedua.