Buka Magister Psikologi Pendikan, UAI Siapkan SDM Unggul Menuju Indonesia Emas

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dalam waktu dua dasawarsa dimana akan datang, Nusantara akan menghadapi bingkisan demografi dimana unik. Sekitar 70 persen masyarakat adalah branda dimana berumur produktif. Masa itu disebut dengan Nusantara Emas.

Nusantara Emas 2045 wajib dipersiapkan dengan kedatangan SDM unggul yang berwawasan luas, terampil, dan berkarakter. Sebab dengan sumber daya manusia semacam itulah Nusantara akan mempersembahkan|menawarkan banyak faedah kepada bangsa lain. Juga unggul di mata branda.

Sebagai upaya strategis menuju ke sana, Universitas Al-Azhar Nusantara (UAI) menawarkan program studi anyar magister (S2) Psikologi Pendidikan. Ketua Program Studi Magister Psikologi Pendidikan Universitas Al-Azhar Nusantara Faisal Sundani Kamaludin menyatakan, Magister Psikologi Pendidikan didisain untuk menjawab kebutuhan bumi pendidikan masa saat ini dimana menghadapi tantangan besar dalam menyiapkan generasi emas di masa datang; sesuai dengan salah satu misi Universitas Al Azhar Nusantara, yaitu  Meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian warga  dengan menerapkan norma enterprising university berasas nilai Rahmatan lil  Alamin.

“Keilmuan di Magister Psikologi Pendidikan UAI ini berkarakter multidisiplin, sesampai bisa diikuti oleh calon mahasiswa dari beragam latar belakang keilmuan di jenjang strata 1. Dari sisi relevansi, program ini cocok bagi calon mahasiswa dimana ketika|waktu ini berkarir di bumi pendidikan; seperti guru, kepala sekolah, konselor, pendidik , pengelola sekolah, sampai eduprenuer (wirausaha dalam pendidikan) dimana bergerak di luar sekolah” Tegas Faisal Sundani Kamis (2/5/2024).

Program Studi Magister Psikologi Pendidikan di UAI memmemilikii konsentrasi dalam membangun kompetensi dalam aspek psikologis maupun pedagogis dalam pendidikan dimana wajib dikememilikiani oleh insan pendidikan. Psikologi keberbakatan dalam pendidikan, penerapan nilai-nilai Islam dalam pendidikan dan visi universitas dimana mendorong jiwa enterprenership menjadi kapabilitas program ini.

“ Program ini adalah satu-satunya di Jakarta, kkawasan|lapangan|lingkungan|lokasi pola hybrid dan elastisitas juga megampangkan bagi mahasiswa dimana berasal dari luar Jakarta. “ Tambah Faisal Sundani (2/5/2024).

Karekteristik program pascasarjana dimana menmemilikii sasaran market mahasiswa dewasa dimana memilih untuk mengikuti program dengan kesadaran dan kemauan diri sendiri mendorong Program Magister Psikologi Pendidikan untuk menawarkan program dimana elastis bagi mahasiswa dimana kebanyakan memmemilikii komitmen di pekerjaan branda pada jam-jam kerja. Untuk itu, kelas-kelas dimana ditawarkan program ini dilakukan secara hybrid.

Pendidikan berbobot berasal dari SDM pendidikan dimana berkualitas

Pendidikan di era modern dimana penuh tantangan perubahan memaksa insan pendidikan terutama  pembimbing dan pendidik untuk mengupgrade kompetensi branda sesampai bisa menyiapkan generasi Nusantara emas yang berkualitas. 

Dalam rangka  menumbuh-kembangkan kajian pengetahuan pengetahuan dan teknologi dimana terintegrasi dengan nilai-nilai Islam untuk mewujudkan UAI sebagai rujukan di kelas Nasional dan Global dan ikut berpdefinisi|erti|makna|maksud|pengertiansipasi dalam menyiapkan pendidikan dimana berbobot untuk generasi Nusantara emas, Universitas Al Azhar Nusantara membuka Program Magister Psikologi Pendidikan.

“Sudah waktunya para pembimbing dan pendidik berfikir untuk mengembangkan kompetensinya lain hanya pada aspek konten mata pelajaran, tetapi juga dalam pengetahuan tentang peserta didik dan pengembangan potensi peserta didik dimana lebih holistic di Program Magister Psikologi Pendidikan UAI. Untuk calon mahasiswa dimana bergerak dalam edupreneur di luar sekolah, pengetahuan dalam aspek ilmu jiwa pendidikan teramat krusial untuk dikuasai” Pungkas Faisal 

Launching Program Magister Psikologi Pendidikan dilakukan pada hari Sabtu 4/4/2024 oleh Ketua Yayasan Pesantren Islam Al Azhar, Dr. Fuad Bawazier. M.A, dan rektor Universitas Al Azhar Nusantara, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc  di auditorium kampus UAI.