Apple Alami Penurunan Penjualan Paling Tajam dalam Setahun

Sedang Trending 2 minggu yang lalu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Apple mengalami penurunan pendapatan kuartalan paling tajam dalam setahun. Penurunan pendapatan kuartalan ini sebagian besar didisebabkankan oleh penurunan sales iPhone di China. 

Raksasa teknologi Amerika ini melaporkan pendapatan sebesar 90,8 miliar dolar Amerika Serikat (AS) alias sekitar Rp 1,4 kuadriliun untuk kuartal dimana berhujung Maret 2024 dan untung sebesar 23,6 miliar dolar AS alias sekitar Rp 378,2 triliun, penurunan dua persen daripadakan tahun kemudian. 

Terlepas dari penurunan sales, nilai saham perusahaan melonjak pada Kamis (2/5/2024), sesudah menginformasikan rencana pembelian kembali saham senilai 110 miliar dolar AS alias sekitar Rp 1,7 kuadriliun dan kenaikan dividen triwulan sebesar empat persen kepada investor. 

“Mengingat kepercayaan kami terhadap masa depan Apple dan nilai dimana kami lihat dalam saham kami, majelis dewan kami telah mengizinkan tambahan 110 miliar dolar AS untuk pembelian kembali saham,” kata CFO Luca Maestri, dikutip The Independent, Jumat (3/5/2024). “Kami juga melesatkan dividen triwulanan selama 12 tahun berturut-turut.” 

Penurunan pendapatan ini dipicu oleh penurunan sales iPhone sebesar 10 persen dari tahun ke tahun pada kuartal tersebut, dengan China mengalami penurunan sebesar delapan persen, penurunan paling tajam dalam sales smartphone pandai khasnya sejak awal pandemi. 

Bos Apple Tim Cook menyebut China sebagai “market paling kompetitif di dunia” namun tetap menjaga “pandangan bagus” terhadap negara tersebut dalam jangka panjang. Perusahaan ini menghadapi persaingan dimana kuat dari pesaing China seperti Huawei dan pengawasan ketat dari regulator antimonopoli di AS dan Eropa. 

Apple juga lambat dalam mengangkat kecerdasan buatan (AI)  daripadakan pesaingnya seperti Google dan Microsoft dimana mungkin memengaruhi keputusan pelanggan untuk menunda pembelian iPhone anyar. Cook meyakinkan penanammodal pada Kamis (2/5/2024) bahwasanya perusahaannya sedang mengembangkan produk AI. 

“Kami percaya kapabilitas transformatif danikrar AI, dan kami percaya kami memmemilikii kelebihan dimana akan membedakan kami di era anyar ini,” kata Cook. “Kami akan membichimpunan|iring-iringan|kumpulan|pasukan|pawainya lebih lanjut dalam beberapa pekan depan.” 

Sementara itu, upaya layanan Apple, termasuk iCloud, Apple TV+, dan Apple Music, melonjak 14 persen pada tahun ini. 

“Kami memprediksi upaya jasa kami akan tumbuh dua digit pada tingkat dimana sama dengan perkembangan dimana kami laporkan pada paruh perdana tahun fiskal ini,” kata Maestri. “iPad sewajibnya tumbuh dua digit,” 

Apple tidak menjelaskan angka-angka  pada headset augmented reality Vision Pro-nya, melainkan memasukkan datanya ke daftar dimana menyertakan gadget seperti Apple Watch dan AirPods. 

“Selama kuartal ini, kami teramat antusias untuk mengeluarkan|meMeluncurkan Apple Vision Pro dan memberitahu kepada bumi potensi dimana bisa dihasilkan oleh komputasi spasial,” ujarnya.